Cara Edit Foto di Dalam Air

Cara Edit Foto di dalam Air yang Fotografer Harus Ketahui

Pernah tidak kamu melihat seseorang yang melakukan pemotretan di dalam air? Kira-kira bagaimana ya proses foto di dalam air yang dilakukan oleh si fotografer handal? Nah, untuk kamu yang berprofesi sebagai fotografer.

Sudah seharusnya nih kamu tahu bagaimana cara edit foto di dalam air agar terlihat lebih bagus dan professional. Mau tahu caranya? Langsung saja yuk simak ulasannya berikut ini.

Persiapan untuk Foto di Dalam Air

Oke sebelum melakukan pengeditan pastikan dulu kamu sudah mempersiapkan segala hal untuk melakukan pemotretan. Apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan?

Nah, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu antara lain seperti kamera yang sudah dilapisi dengan bahan kedap air untuk melakukan pemotretan. Jangan lupa juga untuk membawa lighting agar pencahayaan saat memoto model atau objek di dalam air lebih jelas dan bagus.

Pastikan semua alat yang dibawa ke dalam air tersebut aman dan sudah dilapisi dengan bahan kedap air ya. Kamu bisa mencari dan membelinya di toko aksesoris kamera untuk menemukan aksesoris kedap air ini.

Cara Edit Foto di Dalam Air

Lanjut, setelah mendapatkan gambar atau foto model di dalam air. Kamu bisa langsung melanjutkannya untuk melakukan pengeditan. Kamu bisa gunakan aplikasi edit foto apa saja. Untuk tahu apa saja aplikasi edit foto yang bagus untuk mengedit foto di dalam air kamu bisa baca informasinya di Bukkol.com.

Oke, lanjut ke pembahasan proses pengeditan foto di dalam air. Kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Siapkan Foto yang Akan di Edit

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pastikan kamu sudah menyiapkan foto di dalam air yang akan kamu edit. Akan lebih baik jika hasil foto tersebut disimpan dalam format RAW agar saat melakukan pengeditan kualitas foto tetap bagus.

Buka Foto dan Lakukan Pengeditan

Nah, kalau sudah kamu bisa langsung buka aplikasi atau software untuk edit foto bisa di PC atau di smartphone.

Edit Koreksi White Balance

Pertama, kamu bisa pilih fitur Temprature untuk melakukan koreksi white balance. Hal ini perlu kamu lakukan agar objek terlihat lebih jelas dibandingkan dengan medium air yang difoto.

Koreksi Kontras & Exposure

Selanjutnya, pergi ke menu fitur Kontras & Exposure yang ada di software atau aplikasi edit foto. Pastikan kamu memilih exposure di posisi yang tepat. Geser exposure untuk tahu hasil terbaiknya.

Tak hanya itu saja, kamu juga harus menggeser menu highlight, shadow dan white untuk mendapatkan dimensi foto di dalam air terbaik. Kamu juga bisa pergi ke menu clarity, contrast dan black untuk meningkatkan kontras.

Maksimalkan Vibrance & Saturasi

Kalau sudah selesai, kamu bisa beralih ke dimensi warna kulit. Nah, untuk mengedit bagian ini kamu bisa pilih menu vibrance atau saturation. Turunkan saturation dan tingkatkan vibrance.

Adjustment

Lanjut, kamu bisa pilih menu adjustment atau balance untuk mendapatkan hasil warna foto yang seimbang dan warna yang sesuai.

Tajamkan Foto

Jangan lupa untuk menajamkan hasil foto di dalam air juga agar terlihat lebih jelas hasil fotonya. Kamu bisa pergi ke menu unsharp mask filter atau sharpening.

Simpan Foto dan Selesai

Kalau sudah selesai mengedit, kamu bisa langsung simpan foto ke folder sesuai dengan keinginanmu. Oh iya, satu lagi pastikan kamu menyimpan hasil foto dengan format dan ukuran berkualitas tinggi ya agar tidak merusak hasil foto tetap bagus.

Sudah tahu kan bagaimana cara edit foto di dalam air? Kamu bisa coba sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *